• +6281216049842

Ujian Terbuka Tahap I: Membedah 33 Buku Karya Kolaboratif Civitas Akademika UNUJA

ujian-terbuka-tahap-i-membedah-33-buku-karya-kolaboratif-civitas-akademika-unuja

Kamis (18/08/2019) - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Nurul Jadid bekerjasama dengan penerbit Pustaka Nurja kembali menyelenggarakan Ujian Terbuka Tugas Akhir Buku untuk Program Sarjana (S.1). Ujian Terbuka yang dipimpin KH. Najiburrahman sebagai penguji I, Bpk. H. Hambali, M.Pd sebagai penguji II, dan Dr. Hasan Baharun, M.Pd sebagai penguji III, sebagaimana biasanya dilaksanakan di Aula Mini UNUJA. Hanya saja karena banyaknya peserta yang berhasil menuntaskan penulisan buku, khusunya mahasiswa Prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), pelaksanaan Ujian Terbuka dibagi menjadi dua sesi, pagi dan sore.

Sesi pagi diikuti oleh 28 peserta dengan 18 judul buku, diantara 18 judul buku tersebut, terdapat 3 judul buku yang ditulis oleh Mahasiswa PIAUD, sisanya dari bebarapa mahasiswa prodi yang lain, seperti Managemen Pendidikan Islam (MPI), Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Ekonomi Syariah (ES), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Ilmu al-Qur’an dan tafsir (IQT) dan Perbankan Syariah (PS). Sementara pada sesi sore terdapat 30 peserta dengan 15 judul yang keseluruhannya karya mahasiswa prodi PIAUD.

Peningkatan karya buku yang dihasilkan oleh mahsiswa Prodi PIAUD, disambut baik oleh Mushfi El Iqbali selaku Kaprodi PIAUD. “Ini merupakan jumlah terbanyak buku yang dihasilkan Mahasiswa PIAUD di banding tahun-tahun sebelumnya dan pencapaian terbaik dan membanggakan, semoga menjadi motivasi bagi mahasiwa mendatang untuk terus mengambangkan budaya literasi,” ujarnya.

Dalam ujian yang dibuka oleh Bpk. Muhammad Zainuddin Sunarto, M.HI selaku ketua sidang, masing-masing peserta diberi waktu 15 untuk menyampaikan poin-poin penting yang ditulis dalam bukunya. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab, baik antar penulis dengan penguji, maupun penulis dengan peserta lainnya yang hadir.

Dengan format Ujian terbuka untuk Tugas Akhir Buku, nampaknya disambut baik tidak hanya oleh pimpinan melainkan juga oleh peserta ujian. “Ujian ini membantu saya membangun sikap dan mental yang baik, disamping juga melatih cara menyampaikan materi secara lebih sistematis dan terstruktur”, ujar Siti Rohana salah satu peserta Ujian Terbuka.

  • WIB. Diakses: 289x.